Linux untuk pemula

Linux adalah sebuah Os atau Sistem Operasi turunan dari Unix, berbeda dengan Windows yang sangat mahal versi originalnya, Linux adalah Os yang Gratisan dan open source alias bisa di otak-atik source-nya. Di indonesia sendiri Linux masih kalah oleh Windows buatan microsoft meskipun kebanyakan microsoft Windows yang beredar di indonesia adalah bajakan dan tidak berlisensi.

Varian/Distro Linux 

Berbeda dengan windows yang saat ini menurut sepengetahuan saya hanya mempunyai beberapa varian diantaranya : 1995, 1998, 2000, ME, XP, Vista, dan yang terbaru Windows 7.  Linux mempunyai sangat banyak Distro bahkan saya tidak sanggup untuk menghitung ada berapa distro Linux yang beredar diseluruh dunia saat ini. Mungkin ini dikarenakan Linux yang bersifat opensource memudahkan para pengembang untuk mengembankan varian atau distro2 dari Linux tersebut.

Memilih Distro yang Tepat

Bagi anda yang kebingungan untuk memilih yang mana distro yang tepat buat anda. Saya sarankan untuk memilih distro linux yang banyak digunakan oleh teman anda, hal ini agar supaya ketika anda mendapat masalah dengan Linux anda, anda bisa share dengan teman-teman anda, untuk anda yang lebih suka User Friendly dan mudah digunakan, saya sarankan agar anda memilih distro Ubuntu, atau Mandriva, dan varian linux keluaran Terbaru. Namun bagi anda yang memang menginginkan pemahaman yang lebih tentang Linux, serta ingin Lebih memperdalam openSource, saya sarankan untuk memilih Distro Knoppix atau Distro Linux lain yang masih belum terlalu users friendly.

Masih bingung untuk mencoba?

Tapi bagi anda yang masih ragu untuk berpindah ke Keluarga pinguin ini anda bisa menggunakan Linux versi Live Cd yang mana anda tidak perlu untuk menginstal Linux tersebut, anda cukup memasukan Cd linux dan menjalakannya menggunakan Cd/Dvd rom, namun sayangnya versi live Cd dari linux tidak bisa menyimpan apabila anda melakukan kostumisasi atau beberapa perubahan. tapi jangan kuatir anda bisa mengkopi isi dari live Cd tersebut kedalam Flashdisk yang nantinya anda bisa menggunakan Flashdisk tersebut untuk menjalankan Linux live cd dan anda pun bisa menyimpan beberapa perubahan yang anda lakukan.

2 Tanggapan

  1. Oh ya, tambah satu lagi. Klu mau jago Linux, mendingan pake Slackware😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: